Pengaruh Corporate Social Responsibility Terhadap Citra Perusahaan, Kepuasan, Loyalitas dan Minat Beli Konsumen (Studi Kasus Pada Aqua Grup di Kota Yogyakarta)
Abstract
Isu mengenai corporate social responsibility (CSR) kini tidak lagi hanya
menjadi pembicaraan isu sosial, namun telah jauh berkembang ke dalam aspek
bisnis dan penyehatan korporasi yang menjadi perbincangan hangat para pemilik
perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh corporate social
responsibility terhadap citra perusahaan, kepuasan konsumen, loyalitas konsumen,
dan minat beli konsumen.
Sampel diambil dengan metode purposive sampling. Populasi dari
penelitian ini adalah seluruh penduduk di wilayah kota Yogyakarta yang
mengetahui program CSR Aqua Lestari. Metode statistik yang digunakan untuk
menguji hipotesis adalah Structural Equation Model (SEM) dengan bantuan
software SmartPLS 3.0. Data berasal dari 100 responden yang diperoleh melalui
metode kuesioner.
Hasil penelitian ini membuktikan bahwa corporate social responsibility
berpengaruh positif signifikan terhadap citra perusahaan, kepuasan konsumen,
loyalitas konsumen, dan minat beli konsumen. Citra perusahaan berpengaruh positif
signifikan terhadap loyalitas konsumen dan minat beli konsumen. Kepuasan
konsumen berpengaruh positif signifikan terhadap loyalitas konsumen dan
berpengaruh positif tidak signifikan terhadap minat beli konsumen.
Collections
- Akuntansi [4399]