PENGARUH UKURAN PERUSAHAAN, FREE CASH FLOW, PROFITABILITAS, DAN LEVERAGE TERHADAP MANAJEMEN LABA (Studi Empiris pada Perusahaan Manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2013-2017)
Abstract
Laba adalah salah satu informasi yang paling diminati investor dalam
pengambilan keputusan investasi. Semakin besar laba yang dihasilkan oleh
perusahaan maka investor menilai kinerja perusahaan baik dan diharapkan dapat
memberikan deviden yang tinggi. Dengan adanya kecenderungan lebih terhadap
laba inilah yang memicu manajemen melakukan manipulasi laba. Penelitian ini
bertujuan untuk menguji pengaruh ukuran perusahaan, free cash flow,
profitabilitas dan leverage terhadap manajemen laba.
Penelitian ini menggunakan sampel sebanyak 10 perusahaan manufaktur
yang terdaftar di BEI selama periode 2013-2017. Teknik analisi data yang
digunakan dalam penelitian ini menggunakan uji asumsi klasik dan analisis
regresi linier berganda Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa ukuran
perusahaan, free cash flow dan leverage tidak pengaruh terhadap manajemen laba.
Sedangkan profitabilitas berpengaruh terhadap manajemen laba.
Collections
- Akuntansi [4399]