PENGARUH KEYAKINAN, SIKAP BELANJA ONLINE, DAN REPUTASI VENDOR TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN (STUDI PADA KONSUMEN BLIBLI.COM DI KOTA YOGYAKARTA)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pengaruh keyakinan
terhadap keputusan pembelian konsumen situs jual beli online Blibli.comdi Kota
Yogyakarta, (2) pengaruh sikap belanja online terhadap keputusan pembelian
konsumen situs jual beli online Blibli.com di Kota Yogyakarta, dan (3) pengaruh
reputasi vendor terhadap keputusan pembelian konsumen situs jual beli online
Blibli.comdi Kota Yogyakarta.
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dan verifikatif. Populasi
pada penelitian ini adalah konsumen yang pernah membeli melalui situs jual beli
online Blibli.com. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling
dengan jumlah sampel sebanyak 175 orang. Teknik pengumpulan data
menggunakan kuesioner yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Teknik
analisis data yang digunakan adalah regresi berganda.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) terdapat pengaruh positif
keyakinan terhadap keputusan pembelian pada konsumen situs jual beli online
Blibli.com di Kota Yogyakarta, (2) terdapat pengaruh positif sikap belanja online
terhadap keputusan pembelian pada konsumen situs jual beli online Blibli.com di
Kota Yogyakarta, dan (3) terdapat pengaruh positif reputasi vendor terhadap
keputusan pembelian pada konsumen situs jual beli online Blibli.com di Kota
Yogyakarta.
Collections
- Akuntansi [4660]