Dampak Penggunaan Media Sosial untuk CRM pada Kinerja Bisnis UMKM di Sleman: Isomorphic Theory sebagai Pendekatan Penelitian
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menguji tekanan isomorphism koersif, tekanan isomorphism
normative, dan tekanan isomorphism mimetic memiliki dampak pada penggunaan media sosial
untuk CRM. Kemudian menganalisis penggunaan media sosial untuk CRM berdampak pada
kinerja bisnis UMKM di daerah Sleman. Sampel yang berhasil di analisis dalam penelitian ini
berjumlah 210 sample dari UMKM kuliner di daerah Sleman. Metode pengumpulan data dalam
penelitian ini menggunakan metode kuesioner dan merupakan Convenience sampling. Data yang
telah dikumpulkan kemudian dianalisis menggunakan PLS dengan menggunakan SmartPLS.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa tekanan isomorphism koersif dan tekanan isomorphism
normative memiliki dampak positif yang signifikan pada penggunaan media sosial untuk CRM,
sedangkan tekanan isomorphism mimetic memiliki dampak positif namun tidak signifikan
terhadap penggunaan media sosial untuk CRM. Kemudian hasil penelitian menunjukkan
penggunaan media sosial untuk CRM memiliki dampak positif signifikan pada kinerja bisnis
UMKM di daerah Sleman
Collections
- Akuntansi [4399]