dc.description.abstract | Sejak pandemi Covid-19 hingga saat ini memaksa proses pembelajaran
untuk terus belanjut. Hal ini berdampak kepada guru, siswa dan orang tua dituntut
untuk mampu beradaptasi dengan kemajuan teknologi dalam proses pembelajaran
daring. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan adaptasi teknologi dalam
pembelajaran daring di Mts NU 01 Lebaksiu, untuk mendeskripsikan kedalakendala
dalam
pemanfaatan
teknologi
dalam
pembelajaran
daring
di
Mts
NU
01
Lebaksiu,
untuk mendeskripsikan rencana adaptasi teknologi di era luring pasca
pandemi pada pembelajaran daring di Mts NU 01 Lebaksiu.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif.
Tempat penelitian berada di MTs NU 01 Lebaksiu, Teknik penentuan informan
menggunakan purposive sampling. Metode pengumpulan data menggunakan
dokumentasi, wawancara dan observasi. Sedangkan teknik analisis data
menggunakan analisis interaktif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: sekolah telah mencoba melakukan
adaptasi dengan menggali informasi, pemberian pengarahan kepada para guru
untuk berlatih menggunakan platform digital secara mandiri, dan memberikan
pelatihan untuk menggunakan platform digital. Dalam pemanfaatan teknologi
pasca pandemi, MTs NU 1 Lebaksiu berusaha untuk tetap mengaplikasikan
berbagai platform digital yang sebelumnya digunakan pada masa pandemi Covid19
untuk pembelajaran dengan 2 langkah di antaranya, langkah terdekat adalah
mengajak berpikir para guru sekaligus mengujicobakan kaitannya dalam
menentukan strategi-strategi yang efektif dan efisien. Langkah menengahnya
adalah berusaha memberikan pelatihan khusus untuk para guru dalam
meningkatkan kemampuannya melalui platform digital yang di dalamnya terdapat
berbagai macam aplikasi yang eksploratif. | en_US |