Strategi Pengembangan Bisnis Floury Pada Divisi Pemasaran
Abstract
Kuliner merupakan produk yang sangat berpotensi dalam dunia bisnis. Tingginya
tingkat pada permintaan masyarakat terhadap bisnis kuline menjadikan bisnis kuliner
berkembang dalam berbagai ide serta inovasi-inovasi terbaru yang bertujuan untuk
memenuhi kebutuhan pada konsumen terhadap makanan khususnya terhadap sektor
camilan. Beberapa kuliner yang berbahan dasar tepung sudah banyak tersedia di
berbagai daerah di Indonesia namun memerlukan sebuah inovasi yang menjadi
pembeda antara bisnis satu dengan bisnis lainnya. Tujuan dari laporan perintisan
bisnis ini adalah untuk menambah wawasan bagi para pembaca tentang pemasaran
pada sebuah perintisan bisnis. Pada perintisan bisnis ini berjudul Strategi
Pengembangan Usaha Bisnis Floury Pada Bidang Pemasaran. Bisnis Floury mulai
beroperasi pada Januari 2022 hingga November 2022. Penulisan ini menggunakan
metode deskriptif dengan menggambarkan kondisi yang sedang terjadi pada bisnis
Floury. Pada proses penjualannya, bisnis Floury melakukan penjualan langsung
hingga melalui media sosial seperti Instagram dan Whatsapp. Tidak hanya itu, bisnis
Floury juga memanfaatkan marketplace seperti Shopeefood, Grab Food, dan Gofood.
Pada laporan ini, penulis melaporkan beberapa aspek pemasaran dari bisnis Floury
seperti melakukan survei pasar, desain logo dan banner, pembuatan konten
pemasaran pada media sosial, pengenalan merek dagang dan produk, serta
berkoordinasi dengan bidang keuangan dan bidang produksi. Hasil dari penulisan ini
yaitu penulis memaparkan beberapa jenis strategi pemasaran yang digunakan
terhadap bisnis Floury.
Collections
- Islamic Economics [828]