Pengaruh Penggunaan Media Sosial Whatsapp Dan Lingkungan Belajar Terhadap Motivasi Belajar Mahasiswa Pendidikan Agama Islam Universitas Islam Indonesia Angkatan 2018
Abstract
Media sosial WhatsApp merupakan salah satu bukti perkembangan
teknologi dunia. Adapun media sosial ini dinilai dapat mempengaruhi bentuk
aktifitas, dan perilaku penggunanya termasuk motivasi belajar. Selain itu,
lingkungan belajar secara tidak langsung juga dapat mempengaruhi motivasi belajar
mahasiswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat adakah pengaruh positif
penggunaan media sosial WhatsApp dan lingkungan belajar terhadap motivasi
belajar mahasiswa Pendidikan Agama Islam di Universitas Islam Indonesia
angkatan 2018.
Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini merupakan jenis
penelitian true experiment dengan pendekatan kuantitatif. Subjek penelitian adalah
seluruh mahasiswa PAI 2018 yang berjumlah 176 siswa. Pengambilan sampel
menggunakan teknik random sampling dan responden yang digunakan 50% dari
total populasi yaitu 88 mahasiswa. Pengambilan data menggunakan metode
angket/kueisoner. Teknik analisis data yang digunakan adalah regresi linier
berganda menggunakan bantuan program SPSS versi 25 for windows.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Ada pengaruh positif yang
signifikan antara media sosial WhatsApp terhadap motivasi belajar mahasiswa PAI
2018. Berdasarkan hasil uji regresi H1 diterima, karena sumbangan variabel sebesar
19.2% dan nilai signifikansi 0,002 < 0.05. (2) Ada pengaruh positif yang signifikan
antara lingkungan belajar terhadap motivasi belajar mahasiswa PAI 2018.
Berdasarkan hasil uji regresi H2 diterima, karena sumbangan variabel sebesar
28.3% dan nilai signifikansi 0,000 < 0.05. (3) Ada pengaruh positif yang signifikan
secara bersamaan antara media sosial WhatsApp dan lingkungan belajar terhadap
motivasi belajar mahasiswa PAI 2018. Berdasarkan hasil uji regresi berganda H3
diterima, karena sumbangan variabel sebesar 47.5% dan nilai signifikansi 0,000 <
0.05. (4) Sumbangan efektif variabel motivasi belajar sebesar 19.2% dan
sumbangan variabel lingkungan belajar 28.3%, sehingga total sumbangan efektif
terhadap variabel motivasi belajar mahasiswa PAI Universitas Islam Indonesia
angkatan 2018 yaitu sebesar 47.5% yang dapat disimpulkan bahwa sebesar 52.5%
dipengaruhi oleh variabel lain yang diasumsikan dengan faktor internal.
Collections
- Islamic Education [914]