Implementasi Dan Hasil Pendidikan Profetik Dalam Membentuk Karakter Siswa Di Mtsn 10 Sleman
Abstract
Latar belakang masalah ini adalah rendahnya pendidikan karakter pada
peserta didik yang disebabkan oleh adanya pendidikan yang masih banyak hanya
mengedepankan aspek kognitifnya saja. Akibatnya masih banyak siswa yang
melakukan penyimpangan moral dalam kehidupan sehari hari.
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui lebih dalam tentang bagaimana
Implementasi dan Hasil Pendidikan Profetik dalam Membentuk Karakter Siswa
MTsN 10 Sleman. Penelitian ini adalah penelitian lapangan. Adapun pendekatan
penelitian yang digunakan berupa pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif.
Data diperoleh melalui observasi langsung di MTsN 10 Sleman dengan mengamati,
mewawancarai, dan dokumentasi objek yang diteliti
Hasil penelitian menunjukkan bahwa yang pertama Implementasi dan Hasil
pendidikan profetik dalam membentuk karakter siswa di MTsN 10 Sleman ini
diterapkan dalam proses belajar mengajar dan lingkungan sekolah dengan metode
pembiasaan, keteladanan, demontrasi atau praktek langsung yang digunakan oleh
guru disekolah tersebut khususnya guru pendidikan agama islam guna membangun
nilai-nilai pendidikan karakter berlandaskan pendidikan profetik yang dapat
diterapkan dalam kehidupan sehari hari. Pembiasaan yang dilakukan yaitu 3S
(senyum, salam, sapa) ketika disekolah, kegiatan rutin bergilir (murojaah, literasi),
kegiatan shalat dhuhur dan jumat berjamaah, kegiatan jumat sehat dan jumat bersih,
kegiatan keagamaan (pengajian, PHBI, lomba keagamaan hadroh). Yang kedua,
hasil Implementasi dan Hasil pendidikan profetik dalam membentuk karakter siswa
diMTsN 10 Sleman yaitu membentuk sikap kedisiplinan, kejujuran, toleransi dan
tanggung jawab. Implementasi dan Hasil ini terdapat dalam system pendidikan
yaitu visi sekolah, materi yang diajarkan disekolah, Implementasi dan Hasil
keteladan yang dilakukan oleh bapak/ibu guru di sekolah dan juga dari sistem
evaluasi di MTsN 10 Sleman.
Collections
- Islamic Education [863]