Cognitive Emotion Regulation Dan Kecemasan Masa Depan Pada Mahasiswa Tingkat Akhir
Abstract
Kecemasan masa depan rentan dialami oleh mahasiswa di tingkat akhir karena
sedang berada diproses pembentukan harapan dan komitmen karir. Penelitian ini
bertujuan untuk mengetahui hubungan regulasi emosi kognitif (cognitive emotion
regulation) dan kecemasan masa depan pada mahasiswa tingkat akhir. Hipotesis
pada penelitian ini adalah ada hubungan negatif antara regulasi emosi kognitif
(cognitive emotion regulation) dan kecemasan masa depan pada mahasiswa tingkat
akhir. Subjek pada penelitian ini adalah mahasiswa yang berada di tingkat akhir
minimal semester 5. Skala regulasi emosi kognitif yang digunakan pada penelitian
ini adalah Cognitive Emotion Regulation Questionnaire milik Garnefski dan Kraaij
(2007). Skala Kecemasan Masa Depan yang digunakan adalah skala miliki Zaleski
(1996). Analisis dalam penelitian ini menggunakan teknik korelasi non-parametrik
Spearman’s rho yang menunjukkan tidak terdapat hubungan negatif antara regulasi
emosi kognitif problem focused atau aspek adaptif dan kecemasan masa depan pada
mahasiswa tingkat akhir dengan r=-0.040 dan nilai signifikansi p=.295. Selain itu,
penelitian ini menunjukkan Terdapat hubungan positif antara regulasi emosi
kognitif emotional focused atau aspek maladaptive dan kecemasan masa depan
pada mahasiswa tingkat akhir dengan r=.469 dan nilai signifikansi p=0.000.
Semakin tinggi skor regulasi emosi kognitif emotional focused atau aspek
maladaptive maka semakin tinggi skor kecemasan.
Collections
- Psychology [2173]