Cognitive Emotion Regulation Dan Kecemasan Masa Depan Pada Mahasiswa Tingkat Akhir
dc.contributor.author | LADY SAVA ACACIA M | |
dc.date.accessioned | 2023-05-12T03:45:45Z | |
dc.date.available | 2023-05-12T03:45:45Z | |
dc.date.issued | 2023-03 | |
dc.identifier.uri | https://dspace.uii.ac.id/handle/123456789/44353 | |
dc.description.abstract | Kecemasan masa depan rentan dialami oleh mahasiswa di tingkat akhir karena sedang berada diproses pembentukan harapan dan komitmen karir. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan regulasi emosi kognitif (cognitive emotion regulation) dan kecemasan masa depan pada mahasiswa tingkat akhir. Hipotesis pada penelitian ini adalah ada hubungan negatif antara regulasi emosi kognitif (cognitive emotion regulation) dan kecemasan masa depan pada mahasiswa tingkat akhir. Subjek pada penelitian ini adalah mahasiswa yang berada di tingkat akhir minimal semester 5. Skala regulasi emosi kognitif yang digunakan pada penelitian ini adalah Cognitive Emotion Regulation Questionnaire milik Garnefski dan Kraaij (2007). Skala Kecemasan Masa Depan yang digunakan adalah skala miliki Zaleski (1996). Analisis dalam penelitian ini menggunakan teknik korelasi non-parametrik Spearman’s rho yang menunjukkan tidak terdapat hubungan negatif antara regulasi emosi kognitif problem focused atau aspek adaptif dan kecemasan masa depan pada mahasiswa tingkat akhir dengan r=-0.040 dan nilai signifikansi p=.295. Selain itu, penelitian ini menunjukkan Terdapat hubungan positif antara regulasi emosi kognitif emotional focused atau aspek maladaptive dan kecemasan masa depan pada mahasiswa tingkat akhir dengan r=.469 dan nilai signifikansi p=0.000. Semakin tinggi skor regulasi emosi kognitif emotional focused atau aspek maladaptive maka semakin tinggi skor kecemasan. | en_US |
dc.publisher | UNIVERSITAS ISLAM INDONESIA | en_US |
dc.title | Cognitive Emotion Regulation Dan Kecemasan Masa Depan Pada Mahasiswa Tingkat Akhir | en_US |
dc.Identifier.NIM | 19320009 |
Files in this item
This item appears in the following Collection(s)
-
Psychology [2188]