Eksplorasi Perilaku Donasi K-Popers Muslim Indonesia : Motivasi Religius Atau Conspicuous Donation Behaviour (Studi Kasus : K-Popers Muslim Di Yogyakarta)
Abstract
K-pop adalah industri asal korea selatan yang saat ini sedang booming dikalangan
milenial dan generasi Z, baru-baru ini aksi Kpopers muslim di Indonesia sempat
menghebohkan netizen dengan loyalitas dan keperdulian mereka mengadakan
donasi yang tidak sedikit untuk bencana alam seperti kanjuruhan, gempa di Cianjur
juga ternyata banyak ditemukan Kpopers muslim menggalang dana untuk kegiatan
sosial lainnya. Maka dari itu penelitian ini ingin mengetahui sejauh mana
religiusitas dan conspicuous donation behaviour memanifestasi kedalam perilaku
bersedekah atau berdonasi Kpopers muslim dengan responden Kpopers DI
Yogyakarta karena Yogyakarta adalah kota yang bisa dibilang cukup banyak
kegiatan-kegiatan fandom yang dilakukan di Yogyakarta. Penelitian ini
menggunakan metode kuantitatif deskriptif dan kualitatif dengan wawancara
mendalam dengan metode snowball sampling untuk pengambilan sampel.
Berdasarkan hasil analisis data motivasi religiusitas rata-rata lebih mempengaruhi
Kpopers muslim DIY dalam berdonasi, motivasi religiusitas bermanifestasi
perilaku donasi Kpopers DI Yogyakarta dalam beberapa hal: karena Allah,
mengaharap balasan di akhirat, mendorong Kpopers muslim DI Yogyakarta dalam
berbuat kebaikan lainnya, bentuk kesyukuran meniru perilaku Rasulullah,
memudahkan sesama dan mendapatkan kepuasan dan ketenangan, selain itu
terdapat pengaruh conspicuous donation behaviour yang signifikan terhadap
perilaku donasi Kpopers Muslim DIY, terutama dalam mendorong motivasi
intrinsik dan ekstrinsik mereka. Responden cenderung terpengaruh secara
emosional terhadap fandom juga popularitas idol sebagai public figure dan
mendukung gerakan donasi melalui fandom, dengan harapan dapat mengubah
persepsi masyarakat terhadap Kpopers serta meningkatkan reputasi fandom.
Collections
- Islamic Economics [827]