Penerapan Healthy Drink Dan Green Product Terhadap Bisnis Minuman Jeruk (Jerukin) Bidang Pemasaran Implementation Of Healthy Drink And Green Product To Orange Beverages Business (Jerukin) Marketing Division
Abstract
Manusia memiliki beberapa jenis kebutuhan baik primer, sekunder dan tersier.
Salah satu kebutuhan primer manusia adalah minuman. Bisnis minuman termasuk
dalam peluang yang sangat potensial karena kebutuhan manusia terhadap
memenuhi hasrat dahaga. Setelah melakukan pertimbangan melalui diskusi tim,
lalu melalui observasi dan riset pasar secara langsung dan beberapa sosial media,
penulis dan tim sepakat untuk mengembangkan bisnis minuman berbahan dasar
jeruk yang sebelumya sudah banyak dijual namun cenderung monoton. Bisnis yang
berorientasi pada kesehatan dan berpartisipasi mendaur ulang limbah sisa sehingga
diharapkan mampu mengurangi limbah yang tidak berguna dan merupakan salah
satu ikhtiar menjadi insan rahmatanlil’alamin. Perintisan bisnis dilaksanakan
secara penuh pada Bulan November 2022 sampai dengan Januari 2023. Penjualan
dilakukan secara langsung dan dipasarkan melalui sosial media seperti instagram
serta melalui preorder dengan fasilitas pelanyanan antar. Dalam bisnis ini, penulis
bertanggungjawab di bidang pemasaran dengan melakukan beberapa strategi
pemasaran seperti melakukan survey pasar terkait keperluan pemasaran, membuat
desain logo Jerukin dan banner usaha, mengelola media pemasaran via online dan
WOM (Word of Mouth), membuat konten pemasaran dan mempublish di sosial
media (Instagram dan WhatsApp) dan mencapai target yang ditentukan yaitu dapat
menjangkau 100 akun setiap bulannya, melakukan penjualan offline di lapak stand
dan mencapai target minimal penjualan yaitu 30cup per hari, dan berkoordinasi
dengan bidang produksi dan bidang keuangan.
Collections
- Islamic Economics [836]