Pengembangan Media Pembelajaran Game Conser (Construct Sistem Periodik Unsur) Untuk Peserta Didik Kelas X Sma
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran game
CONSER dan mengetahui kelayakan media pembelajaran game CONSER.
Penelitian ini temasuk jenis penelitian pengembangan dengan menggunakan model
pengembangan 4-D yang sudah dimodifikasi menjadi 3 tahapan yaitu: Tahap define
yaitu melakukan analisis permasalahan dan kebutuhan yang dialami guru dan
peserta didik, serta menentukan konsep materi sesuai dengan hasil analisis
kebutuhan yang dilakukan pada guru kimia dan peserta didik SMA N 1
Cangkringan. Tahap design yaitu merencanakan produk media pembelajaran yang
akan dikembangkan sesuai dengan hasil analisis kebutuhan. Media pembelajaran
game CONSER merupakan game edukasi yang berisi beberapa latihan soal untuk
materi sistem periodik unsur. Tahap develop yaitu mengembangkan produk sesuai
dengan rencana pada tahap design dan dilakukan penilaian kelayakan produk oleh
2 ahli materi dan ahli media. Hasil penilaian kelayakan produk dari ahli materi dan
ahli media mendapat kategori sangat baik (SB) dengan skor rata-rata 49, sehingga
media pembelajaran game CONSER dinyatakan layak digunakan sebagai media
pembelajaran untuk peserta didik SMA/sederajat.
Kata kunci: Penelitian pengembangan, Model Pengembangan 4-D, Media
pembelajaran, Game edukasi.
Collections
- Chemistry Education [326]