Analisis Penerimaan Dan Penggunaan Aplikasi Praktikum Proses Manufaktur Berbasis Augmented Reality Menggunakan Unified Theory Of Acceptance And Use Of Technology 2 (Utaut2)
Abstract
Augmented Reality (AR) merupakan teknologi yang sedang banyak dikembangkan
dalam dunia pendidikan saat ini karena terbukti dapat meningkatkan performa
belajar, motivasi, sikap positif, dll. Integrasi teknologi AR dalam praktikum Proses
Manufaktur di laboratorium Sistem Manufaktur UII harus selalu dikembangkan
sehingga kualitas pembelajaran dapat meningkat serta mahasiswa dapat memiliki
keterampilan dan pengalaman yang memadai dengan kebutuhan industri masa
depan. Unified Theory of Acceptance and Use of Technology 2 (UTAUT2)
merupakan model yang mampu menjelaskan penerimaan dan penggunaan AR
untuk mengetahui faktor apa yang perlu ditingkatkan sehingga dapat mengadopsi
penggunaan teknologi AR secara optimal. Kuesioner berbasis UTAUT2 disebar
kepada 62 mahasiswa yang memiliki pengalaman dalam penggunaan AR saat
praktikum Proses Manufaktur. Mempertimbangkan sampel data yang terbatas,
maka digunakan Structural Equation Modeling-Partial Least Squares (SEM-PLS)
untuk melakukan analisis data pada penelitian ini. Hasil penelitian membuktikan
bahwa Habit (HB) atau kebiasaan berpengaruh secara positif sebesar 52,2%
terhadap Use Behaviour (UB) atau perilaku mahasiswa dalam menggunakan
aplikasi AR untuk praktikum Proses Manufaktur. Oleh karena itu, hal tersebut dapat
menjadi dasar dalam pengembangan praktikum Proses Manufaktur. Peningkatan
kebiasaan mahasiswa dalam penggunaan AR dapat dilakukan dengan membuat
konsep praktikum berupa penugasan yang terintegrasi dengan AR,
mengembangkan aplikasi AR untuk seluruh sistem operasi dan semua jenis mesin
yang dipelajari, serta melakukan sosialisasi terkait AR.
Collections
- Industrial Engineering [2322]