FAKTOR – FAKTOR YANG MEMPENGARUHI NIAT UNTUK MENGGUNAKAN CROWDFUNDING BERBASIS DONASI DI INDONESIA
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor-faktor yang dapat mempengaruhi niat donatur untuk menggunakan crowdfunding berbasis donasi di Indonesia. Model penelitian yang digunakan pada penelitian ini yakni menggunakan model Unified Theory of Acceptance and Use of Technology (UTAUT) yang menggunakan 4 variabel yakni performance expectancy, effort expectancy, social influence, facilitating conditions. Penelitian ini dilakukan dengan metode kuantitatif menggunakan Kuesioner. Sampel dalam penelitian ini adalah individu yang mengetahui tentang crowdfunding berbasis donasi dan pernah menggunakan crowdfunding berbasis donasi dengan metode purposive sampling. Jumlah responden dari penelitian ini sejumlah 162 responden. Teknik analisis menggunakan software SMART PLS 3.0. Hasil penelitian ini didapatkan bahwa variabel performance expectancy, effort expectancy, social influence, facilitating conditions berpengaruh positif signifikan terhadap niat untuk menggunakan crowdfunding berbasis donasi di Indonesia.
Collections
- Akuntansi [4660]