FAKTOR – FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MINAT MASYARAKAT MENGAPLIKASIKAN E-WALLET PADA UMKM DI DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA
Abstract
Penelitian yang berjudul “Faktor – faktor yang mempengaruhi minat masyarakat mengaplikasikan e-wallet pada UMKM di Daerah Istimewa Yogyakarta” ini bertujuan untuk menguji faktor-faktor apa saja yang dapat mempengaruhi minat masyarakat untuk mengaplikasikan e-wallet pada UMKM di yogyakarta. Penelitian ini menggunakan Unified Theory of Acceptance and Use of Technology 2 (UTAUT 2) sebagai model penerimaan teknologi. Penelitian ini mengambil sampel masyarakat yang berdomisili di Yogyakarta dan sudah pernah menggunakan e-wallet seperti Ovo, Gopay, Shopeepay, Dana dan Link aja saat bertransaksi pada UMKM di Yogyakarta, dengan menyebarkan kuesioner secara langsung maupun secara online. Data diperoleh dengan metode purposive sampling dengan jumlah sampel sebanyak 214 responden. Pengujian dilakukan dengan mnggunakan SPSS versi 25.0 untuk windows. Hasil dari empat hipotesis yang diujikan dalam penelitian ini menunjukan bahwa ekspektasi kinerja, ekspektasi usaha, pengaruh sosial dan kebiasaan berpengaruh positif terhadap minat mengaplikasikan e-wallet pada UMKM di Daerah Istimewa Yogyakarta.
Collections
- Akuntansi [4536]