Analisis Faktor-Faktor yang Memengaruhi Minat dan Perilaku Pengguna Dalam Menggunakan Layanan Mobile Payment
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh ekspektasi kinerja,
ekspektasi usaha, pengaruh sosial, kondisi fasilitas, kepercayaan, kecemasan,
inovasi pribadi, masalah privasi, nilai ekonomi terhadap minat dan perilaku
pengguna dalam menggunakan layanan mobile payment. Populasi dalam penelitian
ini yaitu mahasiswa Fakultas Ekonomi di Yogyakarta yang pernah menggunakan
layanan mobile payment. Sampel terkumpul sebanyak 319 responden dengan
menggunakan metode non probability sampling. Untuk melakukan analisis data
pada penelitian ini menggunakan Partial Least Squares (PLS) dengan software
SmartPLS v.3.2.9. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel ekspektasi
kinerja, kepercayaan, inovasi pribadi, masalah privasi, nilai ekonomi, berpengaruh
positif terhadap minat pengguna dalam menggunakan layanan mobile payment.
Selain itu, minat pengguna juga berpengaruh positif terhadap perilaku pengguna
dalam menggunakan layanan mobile payment. Sedangkan ekspektasi usaha,
pengaruh sosial, kondisi fasilitas, dan kecemasan tidak berpengaruh terhadap minat
pengguna dalam menggunakan layanan mobile payment.
Collections
- Akuntansi [4478]