dc.description.abstract | Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran aqidah
akhlak terhadap budi pekerti siswa di MTs Negeri 1 yogyakarta. Pendidikan aqidah
akhlak merupakan salah satu faktor yang bertujuan untuk menumbuhkan pola budi
pekerti siswa yang bulat melalui kejiwaan, kecerdasan, penalaran, perasaan dan
indera. Pendidikan aqidah akhlak dengan tujuan semacam itu harus melayani
pertumbuhan siswa dalam segala aspeknya, baik aspek spiritual, intelektual,
imajinasi, jasmaniah, ilmiah maupun bahasa. Perkembangan dan pertumbuhan
tingkahlaku siswa berjalan cepat atau lambat tergantung pada sejauh mana faktor–
faktor pendidikan aqidah akhlak dapat disediakan dan difungsikan sebaik mungkin.
Dalam hal ini, lembaga sekolah tidak hanya menyangkut kecerdasan anak semata,
melainkan juga menyangkut tingkah dan perilaku serta kepribadian anak. Dan pada
realitanya masih banyak siswa yang kurang dalam mengimplementasikan materi
aqidah akhlak yang telah diajarkan oleh guru di lingkungan sekolah.
Subjek penelitian ini adalah siswa VII dan VIII MTs Negeri I Yogyakarta
sampel penelitian diambil dengan tekni Random Sampling.Teknik pengumpulan data
menggunakan angket penelitiaan data yang di peroleh kemudian di analisis
menggunakan teknik regresi sederhana.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang positif dalam
penerapan metode ceramah kreatif dengan prestasi mata pelajaran Aqidah Akhlak
pada siswa kelas VIII MTs Negeri Maguwoharjo. Ditunjukkan dari hasil analisis
regresi sederhana didapatkan F hitung> F tabel (77,385>3,92), dan nilai signifikansi
0,000<0,05(p<0,05) dengan besarnya pengaruh 52,5%. | en_US |