Understanding the Donor’s Intention to Donate on Crowdfunding
Abstract
Crowdfunding adalah salah satu bentuk platform penggalangan dana
yang bisa offline dan online yang dikumpulkan oleh beberapa orang. Tujuan
utama penelitian ini untuk mengetahui niat perilaku donor untuk memberikan
donasi di Yogyakarta. Penelitian ini menguji pengaruh variabel seperti
religiusitas, sikap, norma subjektif, kontrol perilaku yang dirasakan, perilaku
masa lalu, dan norma moral berdasarkan Perpanjangan Teori Perilaku
Terencana. Responden adalah 185 mahasiswa. Metode pengumpulan data
adalah data primer menggunakan kuesioner. Hasil kuesioner yang
dikembalikan responden dianalisis menggunakan SmartPLS 3.0. Hasil
penelitian ini menunjukkan bahwa ada pengaruh yang positif dari sikap,
norma subjektif, perilaku kontrol yang dirasakan, perilaku masa lalu, norma
moral, dan religiusitas pada keputusan donor untuk menyumbang dalam
crowdfunding.
Collections
- Akuntansi [4426]