Pengaruh Religiusitas Siswa Terhadap Perilaku di Sekolah Dalam Pandangan Guru dan Pegawai di Kelas XI MAN Maguwoharjo Tajem Sleman
Abstract
Pengaruh Religiusitas Siswa Terhadap Perilaku di Sekolah Dalam
Pandangan Guru dan Pegawai di Kelas XI MAN Maguwoharjo Tajem Sleman.
MOHAMAD FATONI. Skripsi. Yogyakarta : Prodi pendidikan Agama Islam.
Fakultas Ilmu Agama Islam. Universitas Islam Indonesia Yogyakarta 2017.
Peserta didik seharusnya dapat berperilaku baik kepada guru baik di sekolah
maupun di luar sekolah. Namun saat ini banyak faktor yang mempengaruhi,
sehingga Perilaku siswa kadang tidak sesuai. Rumusan Masalah :1.Seberapa tinggi
pengaruh religiusitas siswa kelas XI di MAN Maguowoharjo Sleman?2.Seberapa
besar tingkat pengaruh religiusitas siswa kelas XI terhadap Perilaku di sekolah
dalam pandangan Guru dan Pegawai di MAN Maguwoharjo Sleman?
Penelitian ini penelitian kuantitatif. Populasi adalah siswa kelas XI MAN
Maguwoharjo sebanyak 161 siswa, pengambilan sampel dengan teknik simple
random sampling ,jumlah sampel 40 siswa untuk religiusitas siswa dan 36 guru
untuk Perilaku siswa disekolah. Pengumpulan data menggunakan metode angket.
Hasil analisis validitas religiusitas siswa menunjukkan 22 butir soal valid dan
perilaku disekolah terdapat 22 soal valid, sedang hasil analisis reliabilitas
religiusitas siswa menunjukkan koefisien reliabilitas sebesar 0.736 dan perilaku
disekolah menunjukan koefisien reliabilitas 0.741dan dinyatakan reliabel. Analisis
data meliputi analisis deskriptif dan analisis korelasi product moment. Langkah
terakhir yaitu dilakukan uji regresi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Pengaruh Religiusitas Siswa
Kelas XI MAN Maguwoharjo berada pada kategori baik yaitu terletak pada
interval 74–82. (2) Perilaku siswa berada pada tingkat cukup baik yaitu terletak
pada interval 66–75. (3) Ada Pengaruh Religiusitas Siswa Kelas XI MAN
Maguwoharjo Terhadap Perilaku Siswa di Sekolah Dalam Pandangan Guru dan
Pegawai hal ini ditunjukkan dengan koefisien korelasi sebesar rxy = 0,674 dan
angka sig. (2-tailed) 0,000<0.005. Disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang
positif dan signifikan. Regresi meunjukan religiusitas siswa mempengaruhi
perilaku siswa disekolah dalam pandangan guru dan pegawai sebesar 45.5%.
Sedangkan sisanya 54.5% dipengaruhi oleh faktor lain selain religiusitas.
Collections
- Islamic Education [862]