PENGARUH TOTAL QUALITY MANAGEMENT, SISTEM PENGUKURAN KINERJA, DAN SISTEM PENGHARGAAN (REWARD) TERHADAP KINERJA MANAJERIAL (Studi Empiris Pada Rumah Sakit Jiwa Prof. Dr. Soerojo Magelang)
Abstract
Persaingan yang ketat pada zaman sekarang menuntut sebuah organisasi untuk
selalu melakukan peningkatan kualitas dalam barang atau jasa yang mereka tawarkan.
Total Quality Management sangat penting bagi perusahaan karena pada hakikatnya
perusahaan dituntut untuk melakukan perbaikan secara berkelanjutan agar tetap bisa
bersaing dengan perusahaan lain dengan memberikan kualitas yang terbaik. Penelitian
ini digunakan untuk menganalisis pengaruh dari variabel total quality management,
sistem pengukuran kinerja dan sistem penghargaan (reward) terhadap kinerja
manajerial di Rumah Sakit Jiwa Prof. Dr. Soerojo Magelang.
Sampel penelitian ini berjumlah 50 responden yaitu pegawai Rumah Sakit Jiwa
Prof. Dr. Soerojo Magelang. Responden mengisi pertanyaan-pertanyaan yang
berkaitan dengan variabel dalam penelitian ini.
Hasil yang didapatkan dari penelitian ini adalah total quality management
berpengaruh signifikan positif pada kinerja manajerial. Sistem pengukuran kinerja
berpengaruh positif terhadap kinerja manajerial. Sementara itu, sistem penghargaan
(reward) berpengaruh signifikan positif terhadap kinerja manajerial.
Collections
- Akuntansi [4660]