PENGARUH PAJAK, TUNNELING INCENTIVE, DAN UKURAN PERUSAHAAN TERHADAP KEPUTUSAN TRANSFER PRICING (Studi Empiris pada Perusahaan Manufaktur yang Sudah Terdaftar di BEI (2016 – 2019)
Abstract
Globalisasi yang terjadi mengakibatkan perekonomian di dunia berubah yang
akhirnya membuat perusahaan memperluas dan mengembangkan sektor bisnis
melalui pendirian anak atau cabang perusahaan ke negara-negara luar yang di nilai
memiliki potensi keuntungan yang menjanjikan bagi perusahaan. Transaksi antara
perusahaan yang mempunyai hubungan istimewa ini menyebabkan ada perbedaan
harga transfer barang dan/atau jasa sehingga harga yang di tetapkan menjadi tidak
wajar, ketidakwajaran ini dikarenakan harga pasar tidak mempengaruhi besaran
harga transfer. Penelitian ini memiliki tujuan untuk membuktikan pengaruh pajak,
tunnelling incentive, dan ukuran perusahaan terhadap keputusan transfer pricing.
Data dalam penelitian ini merupakan data sekunder yang berasal dari laporan
keuangan perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI)
periode 2016-2019. Sampel yang sesuai dengan kriteria penelitian ini berjumlah 19
perusahaan dengan 4 tahun periode masa penelitian. Pengujian di penelitian ini
menggunakan teknik analisis regresi linier berganda. Hasil dari penelitian ini
adalah pajak berpengaruh positif terhadap keputusan transfer pricing. Tunneling
incentive tidak memiliki pengaruh terhadap keputusan transfer pricing. Ukuran
perusahaan berpengaruh positif terhadap keputusan transfer pricing.
Collections
- Akuntansi [4540]