ANALISIS PENGARUH FRAUD DIAMOND DAN GONE THEORY TERHADAP TINDAKAN KECURANGAN AKADEMIK (STUDI KASUS PADA SISWA SEKOLAH MENENGAH DI KECAMATAN JATIBARANG)
Abstract
Penelitian ini menganalisis pengaruh fraud diamond dan gone theory
terhadap tindakan kecurangan akademik yang dilakukan oleh siswa sekolah
menengah. Fraud diamond merupakan teori yang dikembangkan dari teori fraud
triangle yang terdiri dari tekanan, kesempatan, rasionalisasi dan kemampuan.
Penelitian ini dilakukan secara kuantitatif. Penulis menggunakan sampel sebesar
180 siswa sekolah menengah yang bersekolah di wilayah kecamatan Jatibarang
Brebes dengan metode purposive sampling. Hasil penelitian ini menunjukkan
bahwa kesempatan, kemampuan dan pengungkapan berpengaruh positif
signifikan, sedangkan rasionalisasi, keserakahan dan kebutuhan tidak berpengaruh
signifikan. Sementara tekanan berpengaruh negatif signifikan terhadap tindakan
kecurangan akademik.
Collections
- Akuntansi [4660]