ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PENGGUNAAN LAYANAN SHOPEEPAY (Studi Pada Mahasiswa Pengguna Shopeepay Di Yogyakarta)
Abstract
Perkembangan teknologi dan komunikasi di zaman modern memicu timbulnya
persaingan yang sangat sengit diantara pelaku bisnis.salah satu teknologi baru yang
berkembang di Indonesia adalah electronic wallet (e-wallet) seperti aplikasi
Shopeepay. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor
yangmempengaruhi penggunaan Shopeepay pada mahasiswa Strata-1 di
Yogyakarta.Data yang digunakan adalah data primer yang berupa kuesioner yang
disebarkan pada 118 responden yang dipilih menggunakan purposive sampling.
Penelitian ini menggunakan kombinasi model Unified Theory of Acceptance and
Use of Technology 2 (UTAUT2) dan Initial Trust Mode. Hasil penelitian ini
menunjukkan bahwa kepercayaan berpengaruh positif terhadap penggunaan
Shopeepay, persepsi manfaat berpengaruh positf pada penggunaan Shopeepay,
ekpektansi kinerja berpengaruh positif terhadap penggunaan Shopeepay, pengaruh
sosial berpengaruh positif terhadap penggunaan Shopeepay untuk mahasiswa
Strata-1 di Yogyakarta sedangkan persepsi risiko berpengaruh negative terhadap
penggunaan Shopeepay.
Collections
- Akuntansi [4519]