Dukungan Sosial, Resiliensi Akademik, Dan Keterlibatan Siswa Pada Pembelajaran Daring
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dukungan sosial dan resiliensi
akademik terhadap keterlibatan siswa secara aktif saat pembelajaran secara daring.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, model hubungan tiga variabel. Teknik
pengambilan sampel penelitian menggunakan teknik purposive sampling. Partisipan yang
terlibat dalam penelitian ini adalah siswa SMA kelas XI-XII sebanyak 234 siswa dan yang
sedang menjalankan sistem pembelajaran secara daring. Pengumpulan data dilakukan
dengan menggunakan (1) skala keterlibatan siswa secara aktif belajar secara daring, (2)
skala dukungan sosial, (3) skala Resiliensi Akademik. Analisis data dengan teknik analisis
regresi ganda dengan bantuan komputer program JASP for windows menunjukkan bahwa
diperoleh nilai F sebesar 101,290 dengan nilai p<0,001. Berdasarkan hasil penelitian
tersebut dapat disimpulkan bahwa dukungan sosial dan resiliensi akademik memiliki peran
terhadap keterlibatan siswa sebesar 46,7%, sedangkan 53,3% sisanya disebabkan oleh
faktor lain.
Collections
- Master of Psychology [344]