Show simple item record

dc.contributor.authorHASNA FADILLA SUSTRING
dc.date.accessioned2023-04-11T06:33:37Z
dc.date.available2023-04-11T06:33:37Z
dc.date.issued2021-05
dc.identifier.urihttps://dspace.uii.ac.id/handle/123456789/43428
dc.description.abstractPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dukungan sosial dan resiliensi akademik terhadap keterlibatan siswa secara aktif saat pembelajaran secara daring. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, model hubungan tiga variabel. Teknik pengambilan sampel penelitian menggunakan teknik purposive sampling. Partisipan yang terlibat dalam penelitian ini adalah siswa SMA kelas XI-XII sebanyak 234 siswa dan yang sedang menjalankan sistem pembelajaran secara daring. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan (1) skala keterlibatan siswa secara aktif belajar secara daring, (2) skala dukungan sosial, (3) skala Resiliensi Akademik. Analisis data dengan teknik analisis regresi ganda dengan bantuan komputer program JASP for windows menunjukkan bahwa diperoleh nilai F sebesar 101,290 dengan nilai p<0,001. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa dukungan sosial dan resiliensi akademik memiliki peran terhadap keterlibatan siswa sebesar 46,7%, sedangkan 53,3% sisanya disebabkan oleh faktor lain.en_US
dc.publisherUNIVERSITAS ISLAM INDONESIAen_US
dc.titleDukungan Sosial, Resiliensi Akademik, Dan Keterlibatan Siswa Pada Pembelajaran Daringen_US
dc.Identifier.NIM19915028


Files in this item

FilesSizeFormatView

There are no files associated with this item.

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record