Dukungan Sosial, Regulasi Diri Dalam Belajar Dan Keterlibatan Siswa Saat Menjalani Pembelajaran Daring
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran Dukungan sosial dan Regulasi Diri
dalam belajar terhadap Keterlibatan Siswa pada siswa SMA yang menjalani pembelajaran secara
daring. Penelitian ini melibatkan 322 siswa yang menjalani pembelajaran daring akibat pandemi
COVID-19. Data dikumpulkan secara online dengan menggunakan tiga skala pengukuran yaitu
Online Student Engagement Scale (OSE), The Multidimensional Scale of Perceived Social Support
(MSPSS), dan skala Regulasi Diri dalam Belajar. Teknik analisis data menggunakan regresi
berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa diperoleh nilai F sebesar 131.184 dengan nilai
p<0.001. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa dukungan sosial dan
regulasi diri dalam belajar secara bersama-sama mampu memprediksi keterlibatan siswa pada
siswa SMA yang menjalani pembelajaran secara daring.
Collections
- Master of Psychology [344]