Show simple item record

dc.contributor.authorSITI NURJANAH
dc.date.accessioned2023-04-10T07:46:20Z
dc.date.available2023-04-10T07:46:20Z
dc.date.issued2023-02-10
dc.identifier.urihttps://dspace.uii.ac.id/handle/123456789/43379
dc.description.abstractMasjid Ulil Albab merupakan masjid kampus terpadu Universitas Islam Indonesia (UII) yang memiliki peranan penting sebagai sarana dalam mendukung dan menunjang seluruh kegiatan dakwah Islamiyah bagi akademisi dan masyarakat luas. Keberadaan Masjid Ulil Albab tidak terlepas dari peran aktif Takmir Masjid Ulil Albab (TMUA) yang berfungsi sebagai pusat kegiatan keislaman sekaligus pelaku dalam memakmurkan Masjid Ulil Albab. TMUA mengaplikasikan peran Public Relations dalam upaya memperluas hubungan antara TMUA dengan masyarakat internal dan eksternal UII. Kegiatan Public Relations Takmir Masjid Ulil Albab dijalankan oleh dua divisi yaitu divisi Relasi Publik (Repub) dan divisi Sistem Informasi Multimedia dan Produksi (Simpro). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui analisis peran Public Relations dalam membangun citra Masjid Ulill Albab sebagai pusat kegiatan keislaman serta untuk mengetahui faktor apa saja yang mendukung dan menghambat Public Relations Takmir dalam meningkatkan ekstensi Masjid Ulil Albab. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif. Subjek penelitian ini adalah para anggota Takmir Masjid Ulil Albab. Objek penelitian ini adalah segala bentuk kegiatan yang berhubungan dengan aktivitas Public Relations di Masjid Ulil Albab. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik akumulasi data menggunakan pendekatan deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan masjid ulil albab menjalankan peran public relation berupa Interpreter atau in the middle, lubricant , memonitoring dan mengevaluasi, serta komunikasi. Interpreter dijalankan melalui Takmir Ulil Albab yang menyediakan kotak kritik saran serta membina hubungan baik dan harmonis bersama para jamaah, lubricant dijalankan melalui Public Relations yang berfungsi mencegah kemungkinan buruk dalam sebuah organisasi. Relasi Publik Takmir Masjid Ulil Albab juga melaksanakan fungsi yang mencerminkan teori monitor dan evaluasi dengan menindaklanjuti kritik saran yang diberikan oleh jamaah dalam forum mingguan untuk kemajuan dari takmir itu sendiri serta komunikasi ditunjukan dengan penggunaan berbagai media sosial untuk menyampaikan informasi kepada publik.en_US
dc.publisherUNIVERSITAS ISLAM INDONESIAen_US
dc.titleAnalisis Peran Public Relations Dalam Membangun Citra Masjid Ulil Albab Universitas Islam Indonesia Sebagai Pusat Kegiatan Keislamanen_US
dc.Identifier.NIM18321202


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record