ANALISIS FAKTOR – FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MINAT MASYARAKAT BERINVESTASI DI PASAR MODAL (Studi Kasus Pada Masyarakat Kota Cilacap)
Abstract
Penelitian ini berfokus untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi minat
masyarakat berinvestasi di pasar modal. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk
membuktikan manfaat investasi, pelatihan pasar modal, tingkat risiko, lingkungan
sosial, motivasi investasi terhadap minat masyarakat berinvestasi di pasar modal.
Sampel dalam penelitian adalah masyarakat yang berdomisili di Kota Cilacap.
Teknik pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini adalah penyebaran
kuisioner secara online dan terkumpul sebanyak 140 responden. Pengujian di
penelitian ini menggunakan teknik analisis regresi berganda. Berdasarkan hasil
analisis regresi yang telah dilakukan bahwa untuk pelatihan pasar modal,
lingkungan sosial, dan motivasi investasi berpengaruh positif terhadap minat
masyarakat berinvestasi di pasar modal, sedangkan untuk manfaat investasi dan
tingkat risiko menunjukan arah positif namun tidak berpengaruh terhadap minat
masyarakat berinvestasi di pasar modal.
Collections
- Akuntansi [4426]