ANALISIS FAKTOR - FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MINAT MAHASISWA DALAM PENGGUNAAN E-WALLET (Studi pada Mahasiswa Pengguna Gopay di Kota Pekanbaru)
Abstract
Gopay menjadi salah satu produk layanan uang digital berbasis aplikasi
smartphone dari perusahaan Gojek yang dapat dimanfaatkan guna melakukan
transaksi/ pembayaran secara digital. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis
faktor-faktor pengaruh persepsi kemudahan, persepsi kemanfaatan, kepercayaan,
pengaruh social, dan kondisi yang memfasilitasi terhadap minat mahasiswa dalam
penggunaan E-wallet (Gopay) di kota Pekanbaru. Sampel ini diambil dengan
metode purposive sampling berjumlah 120 responden. Jenis data yang diambil pada
penelitian ini merupakan data primer yang dikumpulkan melalui kuesioner dengan
menggunakan google form. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah
metode penelitian kuantitatif, yang diolah dengan aplikasi SPSS 25. Hasil yang
didapat dalam penelitian ini adalah variabel persepsi kemudahan, persepsi
kemanfaatan, kepercayaan, dan kondisi yang memfasilitasi berpengaruh positif dan
signifikan terhadap minat mahasiswa dalam penggunaan E-wallet (Gopay) di Kota
Pekanbaru, sedangkan variabel pengaruh sosial berpengaruh negatif terhadap minat
mahasiswa dalam penggunaan E-wallet (Gopay) di Kota Pekanbaru.
Collections
- Akuntansi [4426]