EFEKTIVITAS E–COMMERCE DI MASA PANDEMI COVID 19: STUDI PADA PENGUSAHA BATIK DI YOGYAKARTA
Abstract
Di masa sekarang e–commerce telah menjadi salah satu media untuk
bertransaksi jual beli bagi masyarakat termasuk UMKM. Penelitian ini berujuan untuk
mengetahui efektifitas penggunaan e – commerce sebagai media penjualan bagi
UMKM pengusaha batik di Yogyakarta pada masa pandemi Covid-19. Penelitian ini
menggunakan metode kuantitatif dan pengambilan data secara online melalui google
form dan mendapatkan 106 responden yang lolos kriteria sampel. Responden adalah
UMKM pengusaha batik di Yogyakarta. Baisk teoritik yang digunakan pada penelitian
ini adalah UTAUT2 dan teori S-O-R. Kesimpulan dari hasil dari penelitian ini adalah:
variabel ekspektasi kinerja dan pengalaman secara signifikan berpengaruh terhadap
penggunaan e–commerce oleh UMKM pengusaha batik di Yogyakarta. Sedangkan
ekspektasi usaha, pengaruh sosial dan persepsi risiko tidak berpengaruh secara
signifikan terhadap penggunaan e–commerce oleh UMKM pengusaha batik di
Yogyakarta.
Collections
- Akuntansi [4399]