PENGARUH PENGETAHUAN AKUNTANSI, PEMAHAMAN E- COMMERCE, DAN NETWORK RELATIONSHIP TERHADAP KINERJA UMKM PADA KOTA YOGYAKARTA
Abstract
Selain pengetahuan akuntansi, pelaku UMKM juga harus memahami adanya pasar
elektronik atau e-commerce untuk kemajuan dan perkembangan bisnis yang
dijalankan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh pengetahuan
akuntansi, pemahaman e-commerce dan network relationship terhadap kinerja UMKM
pada kota Yogyakarta. Sampel penelitian sejumlah 96 orang pelaku UMKM di kota
Yogyakarta. Variabel bebas (X) pengetahuan akutansi, pemahaman e-commerce,
network relationship serta variabel terikat (Y) kinerja UMKM dijadikan sebagai objek
penelitian. Instrumen penelitian menggunakan kuesioner angket. Teknik analisis data
meliputi: uji coba instrumen, analisis deksriptif, uji asumsi klasik, regresi linear
berganda, dan uji hipotesis. Hasil penelitian: (1) Pengetahuan akuntansi berpengaruh
positif dan signifikan terhadap kinerja UMKM (2) Pemahaman e-commerce
berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja UMKM (3) Network relationship
berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja UMKM.
Collections
- Akuntansi [4426]