MINAT PELAJAR ATAU MAHASISWA MUSLIM DALAM MEMBELI MAKANAN KEMASAN HALAL DI PULAU JAWA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menguji faktor-faktor yang mempengaruhi niat beli
makanan kemasan halal di Pulsu Jawa dengan menggunakan Theory Planned
Behavior. Penelitian ini menggunakan 8 variabel yaitu minat membeli makanan
kemasan halal, label halal, religiusitas, pengetahuan halal, citra, sikap, norma
subjektif, dan persepsi kontrol perilaku. Penelitian ini merupakan penelitian survei
dengan menggunakan kuisioner sebagai instrumsennya. Populasi yang digunakan
dalam penelitian ini adalah pelajar atau mahasiswa Muslim yang berdomisili di
Pulau Jawa seperti Provinsi Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur. Sampel pada
penelitian ini yaitu sebesar 239 responden. Metode yang digunakan adalah
kuantitatif. Alat pengukuran menggunakan PLS-SEM versi 3.0. Berdasarkan
hasil penelitian menunjukan bahwa variabel label halal, religiusitas, sikap, norma
subjektif, dan persepsi kontrol perilaku berpengaruh positif dan signifikan
terhadap minat beli makanan kemasan halal. Sedangkan variabel pengetahuan
halal dan citra tidak berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli
makanan kemasan halal.
Collections
- Economics [2138]