LAPORAN AKHIR PROYEK BISNIS ROK PANJANG MODIS “KAMILIA SKIRT”
Abstract
Proyek bisnis yang berjudul Kamilia Skirt merupakan bisnis usaha yang
menciptakan produk rok panjang. Rok yang dibuat berkonsep anggun dan modis ketika
dipakai. Usaha ini didirikan karena banyaknya minat anak muda yang menyukai rok
sebagai salah satu fashion style karena rok memiliki model yang dapat digunakan
sepanjang zaman (up to date). Melihat adanya peluang tersebut penulis memutuskan
untuk membuat brand yang menciptakan berbagai macam produk rok panjang.
Proyek bisnis dilakukan selama 6 bulan dimulai dari bulan Agustus 2021
hingga Januari 2022. Peluncuran awal produk Kamilia Skirt menciptakan 1 model rok
dengan 3 macam warna dan dibandrol dengan harga yang terjangkau.
Fokus penelitian dalam penulisan proyek bisnis ini adalah: (1) Apakah
masyarakat Indonesia khususnya wanita dapat menerima produk Kamilia Skirt sebagai
pelengkap dalam berpakaiannya? (2) Bagaimana cara mempertahankan produk
Kamilia Skirt terhadap persaingan bisnis yang semakin ketat?
Berdasarkan hasil pelaksanaan proyek bisnis Kamilia Skirt, produk terjual
sebanyak 11 item dengan target awal 12 item. Sedangkan dalam pemasaran produk
yang dilakukan melalui media sosial dirasa belum cukup sehingga penulis melakukan
pembaharuan strategi yaitu dengan memberikan harga promo di waktu-waktu tertentu
sehingga strategi ini berdampak pada penjualan Kamilia Skirt.
Collections
- Akuntansi [4414]