ANALISIS KEPUTUSAN BERDONASI MELALUI APLIKASI CROWDFUNDING DI INDONESIA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi
pengambilan keputusan menjadi donatur pada platform crowdfunding. Faktor-
faktor yang diteliti meliputi kemudahan sistem, religiusitas, jiwa sosial, reputasi,
keamanan, dan influencer dengan kepercayaan terhadap pengelolaan sebagai
variabel mediasi dan pengaruhnya terhadap terhadap keputusan berdonasi pada
platform crowdfunding. Sampel yang diolah pada penelitian ini berjumlah 300
orang dengan teknik pengambilan sampel convenience sampling. Data primer yang
diolah berasal dari jawaban kuesioner yang didistribusikan kepada responden
melalui google form. Pengolahan data menggunakan Smart PLS Versi 3.3.5. Hasil
penelitian menunjukkkan bahwa kemudahan sistem dan kepercayaan memiliki
pengaruh terhadap keputusan menjadi donatur pada platform crowdfunding.
Religiuistas dan jiwa sosial tidak memiliki pengaruh terhadap keputusan menjadi
donatur pada platform crowdfunding. Reputasi, keamanan dan influencer memiliki
pengaruh terhadap kepercayaan pengelolaan platform crowdfunding.
Collections
- Akuntansi [4435]