Pengaruh Adversity Quotient Dan Spiritual Quotient Terhadap Kinerja Guru Di Sd Islam Al-Azhar 55 Yogyakarta
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan mengetahui data-data empirik
mengenai pengaruh adversity quotient dan spiritual quotient terhadap kinerja guru
SD Al-Azhar 55 Yogyakarta secara terpisah maupun simultan. Dalam penelitian ini,
penulis menggunakan metode survei dengan pendekatan korelasional terhadap datadata
kuantitatif yang diperoleh dari objek penelitian yaitu guru SD Al-Azhar 55
Yogyakarta. Sampel penelitian ini adalah guru di Sd Al-Azhar sebanyak 76
responden guru SD Al-Azhar 55 Yogyakarta dari total 96 populasi pada tahun ajaran
2022-2023. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik observasi,
dokumentasi, dan angket/kuesioner. Jenis analisis yang digunakan adalah analisa
korelasi dan regresi yang dijabarkan secara deskriptif. Hasil dari penelitian ini adalah
: Pertama, berdasarkan hasil olah data-data dan berbagai temuan di lapangan
menunjukkan bahwa adversity quotient memiliki pengaruh yang positif dan
signifikan terhadap kinerja guru, namun tingkat determinasinya cukup baik yaitu
sekitar 43,9%. Dengan demikian semakin baik adversity quotient maka tingkat
kinerja guru di sekolah tersebut menjadi cukup baik pula. Kedua, terdapat pengaruh
yang positif dan signifikan spiritual quotient terhadap kinerja guru dengan tingkat
kontribusi yang cukup tinggi. Semakin baik spiritual quotient yang dimiliki guru
maka semakin baik tingkat kinerja guru. Ketiga, berdasarkan data-data di lapangan
diketahui bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan antara adversity quotient
dan Spiritual quotient baik secara parsial maupun secara simultan terhadap kinerja
guru dengan tingkat kontribusi yang tinggi. Semakin baik kedua aspek tersebut maka
tingkat kinerja guru siswa pun semakin baik.Terdapat pengaruh positif dan
signifikan antara adversity quotient dan spiritual quotient secara bersama-sama
(simultan) dengan kinerja guru di SD Al-Azhar 55 Yogyakarta.Berdasarkan uraian
dan pendapat di atas dapat diketahui bahwa tugas dan tanggung jawab guru
sangatlah tidak mudah dan dapat diketahui bahwa guru mempunyai tugas dan
tanggung jawab yang sangat besar dan berat, serta peran yang sangat berarti bagi
keberhasilan pembelajaran di sekolah. Dengan penelitian mudah-mudahan bisa
menjadi salah satu acuan dan dasar bagi para guru, bahwa adversity quotient dan
spiritual quotient berpengaruh sangat besar terhadap kinerja guru dalam
mewujudkan tercapainya pembelajaran yang efektif dan menyenangkan bagi para
siswa di sekolah, khusunya di SD Islam Al Azhar 55 Yogyakarta.