Show simple item record

dc.contributor.authorDENAK SINTIA RAHMAWATI
dc.date.accessioned2023-04-05T03:32:10Z
dc.date.available2023-04-05T03:32:10Z
dc.date.issued2023-02-14
dc.identifier.urihttps://dspace.uii.ac.id/handle/123456789/43104
dc.description.abstractPenelitian ini bertujuan untuk menguji dan mengetahui data-data empirik mengenai pengaruh adversity quotient dan spiritual quotient terhadap kinerja guru SD Al-Azhar 55 Yogyakarta secara terpisah maupun simultan. Dalam penelitian ini, penulis menggunakan metode survei dengan pendekatan korelasional terhadap datadata kuantitatif yang diperoleh dari objek penelitian yaitu guru SD Al-Azhar 55 Yogyakarta. Sampel penelitian ini adalah guru di Sd Al-Azhar sebanyak 76 responden guru SD Al-Azhar 55 Yogyakarta dari total 96 populasi pada tahun ajaran 2022-2023. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik observasi, dokumentasi, dan angket/kuesioner. Jenis analisis yang digunakan adalah analisa korelasi dan regresi yang dijabarkan secara deskriptif. Hasil dari penelitian ini adalah : Pertama, berdasarkan hasil olah data-data dan berbagai temuan di lapangan menunjukkan bahwa adversity quotient memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap kinerja guru, namun tingkat determinasinya cukup baik yaitu sekitar 43,9%. Dengan demikian semakin baik adversity quotient maka tingkat kinerja guru di sekolah tersebut menjadi cukup baik pula. Kedua, terdapat pengaruh yang positif dan signifikan spiritual quotient terhadap kinerja guru dengan tingkat kontribusi yang cukup tinggi. Semakin baik spiritual quotient yang dimiliki guru maka semakin baik tingkat kinerja guru. Ketiga, berdasarkan data-data di lapangan diketahui bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan antara adversity quotient dan Spiritual quotient baik secara parsial maupun secara simultan terhadap kinerja guru dengan tingkat kontribusi yang tinggi. Semakin baik kedua aspek tersebut maka tingkat kinerja guru siswa pun semakin baik.Terdapat pengaruh positif dan signifikan antara adversity quotient dan spiritual quotient secara bersama-sama (simultan) dengan kinerja guru di SD Al-Azhar 55 Yogyakarta.Berdasarkan uraian dan pendapat di atas dapat diketahui bahwa tugas dan tanggung jawab guru sangatlah tidak mudah dan dapat diketahui bahwa guru mempunyai tugas dan tanggung jawab yang sangat besar dan berat, serta peran yang sangat berarti bagi keberhasilan pembelajaran di sekolah. Dengan penelitian mudah-mudahan bisa menjadi salah satu acuan dan dasar bagi para guru, bahwa adversity quotient dan spiritual quotient berpengaruh sangat besar terhadap kinerja guru dalam mewujudkan tercapainya pembelajaran yang efektif dan menyenangkan bagi para siswa di sekolah, khusunya di SD Islam Al Azhar 55 Yogyakarta.en_US
dc.publisherUNIVERSITAS ISLAM INDONESIAen_US
dc.titlePengaruh Adversity Quotient Dan Spiritual Quotient Terhadap Kinerja Guru Di Sd Islam Al-Azhar 55 Yogyakartaen_US
dc.Identifier.NIM19913033


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record