dc.description.abstract | Iklan bukan hanya sekedar sebuah informasi mengenai suatu produk tertentu.
Maskulinitas berkaitan dengan citra laki-laki. Kini, banyak media massa
menonjolkan penampilan laki-laki yang kuat dan berkelas. Penelitian ini bertujuan
untuk menganalisis repesentasi Maskulinitas pada Iklan Shampoo Head And
Shoulders Versi #Moveonbro Joe Taslim yang memiliki durasi tayang 25 detik dan
tayang di Youtube yang hingga saat ini iklan ini telah ditonton sebanyak 31 juta
kali. Jenis data penelitian ini adalah data sekunder yaitu dengan melihat iklan Head
and Shoulders versi Move on Bro pada Youtube. Iklan shampoo Head & Shoulders
indonesia Versi #Moveonbro Joe Taslim dalam format soft file bentuk mp4
memiliki resolusi 1080 HD kemudian diputar dengan bantuan software pemutar
video di komputer maupun smartphone. Kemudian dari iklan tersebut peneliti
mencapture scene-scere. Penelitian ini menerapkan metode semiotika Roland
Barthss. Obyek dalam penelitian ini adalah iklan shampoo head and shoulders
indonesia Versi #Moveonbro Joe Taslim. Analisis data penelitian ini berupa analisis
data kualitatif. Hasil penelitian ini mengindikasikan bahwa representasi
maskulinitas pada iklan shampoo Head and Shoulders menerapkan lima
masukulinitas diantaranya adalah Iklan Head and Shoulders Indonesia
merepresentasikan maskulinitas melalui penampilan glamour/berkelas (untuk
menawarkan nilai-nilai simbolik tertentu dalam kehidupan manusia yang semakin
konsumtif), percaya diri (untuk menunjukkan keberhasilannya), narsis (untuk
menunjukkan eksistensinya), fisik yang ideal (merupakan sebuah pembuktian
bahwa iklan tersebut merupakan gambaran realitas kehidupan sehingga diharapkan
mampu diterima oleh penonton) dan agresif (menekankan bahwa seorang pria harus
berani mengambil resiko). | en_US |