Kecanduan Bermain Game Online Dengan Tindakan Agresi Dan Regulasi Emosi
Abstract
Kecanduan Game online merupakan kegiatan rekreasi menggunakan gawai dan
jaringan internet yang dapat menyebabkan gangguan psikis maupun psikologis.
Penelitian ini bertujuan untuk melihat keterkaitan antara kecanduan bermain game
online dan tindakan agresi yang dimediasi regulasi emosi. Hipotesis pada penelitian
ini terdapat hubungan yang dimediasi regulasi emosi antara kecanduan game online
dan tindakan agresi. Subjek pada penelitian ini terdapat 110 partisipan yang pernah
bermain game online Mobile Legends dan berusia rata – rata 19 tahun. Alat ukur
yang digunakan pada penelitian ini yaitu skala Game Addiction Scale (GAM) dari
Lemmens, Valkenburg, dan Peter, (2009), skala Emotional Regulation
Questionnaire (ERQ) yang disusun oleh Gross dan John, (2003), dan Buss-Perry
Aggression Questionnaire (BPAQ) yang disusun oleh Buss dan Perry, (1992).
Analisa dalam pengambilan data mediasi sederhana (simple mediation analisys)
menunjukan keterkaitan antara kecanduan game online dengan tindakan agresi
yang dimediasi regulasi emosi dengan hasil . 𝛽 = −0,003 SE = 0,24, P = 0,05,
95%Cl, [-,046,0,52] pada Cognitive reappraisal dan 𝛽 = 0,02, SE = 0,02, P = 0,05,
95%Cl, [-0,31,0,08] Expressive suppression. Hasil tersebut menunjukan bahwa
tidak ada keterkaitan antara kecanduan game online dengan tindakan agresi yang
dimediasi regulasi emosi. Berdasarkan hasil hipotesis tersebut dapat dinyatakan
ditolak.
Collections
- Psychology [2177]