PENGARUH PENGETAHUAN INVESTASI, KEBIJAKAN MODAL MINIMUM, LITERASI KEUANGAN DAN SOCIAL MEDIA INFLUENCER TERHADAP MINAT MAHASISWA BERINVESTASI DI PASAR MODAL
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh pengetahuan investasi,
kebijakan modal minimum, literasi keuangan, dan social media influencer terhadap
minat mahasiswa berinvestasi di pasar modal. Objek dalam penelitian ini adalah
mahasiswa aktif pada Fakultas Ekonomi Universitas di Yogyakarta. Teknik
pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan convenience sampling.
Pengumpulan data dilakukan melalui google form dan memperoleh 114 responden.
Setiap pertanyaan diukur menggunakan skala likert. Teknik analisis data dalam
penelitian ini menggunakan bantuan aplikasi SPSS 26. Hasil penelitian ini
menunjukan bahwa hipotesis (1) dapat diterima yang menunjukkan bahwa
pengetahuan investasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat berinvestasi
mahasiswa di pasar modal. Hipotesis (2) ditolak yang menunjukkan bahwa kebijakan
modal minimum berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat berinvestasi
mahasiswa di pasar modal. Hipotesis (3) ditolak yang menunjukkan bahwa literasi
keuangan tidak mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap minat berinvestasi
mahasiswa di pasar modal. Hipotesis (4) diterima yang menunjukkan bahwa social
media influencer berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat berinvestasi
mahasiswa di pasar modal.
Collections
- Akuntansi [4426]