Gastrodiplomasistrategi Gastrdiplomasi Halal Korea Selatan Di Indonesia
Abstract
Pasar halal kini menjadi pasar terbesar skala global dimana negara-negara
berlomba-lomba untuk masuk ke dalamnya. Korea Selatan yang merupakan negara
minoritas muslim berusaha untuk memasuki pasar halal dengan gastrodiplomasi
halal ke negara muslim terutama Indonesia. Selain untuk masuk ke dalam pasar
halal, gastrodiplomasi halal Korea Selatan ditujukan untuk memperbaiki nation
branding nya menjadi negara yang ramah muslim. Ketegangan Korea Selatan-
Korea Utara menjadikan melemahkan pasar korea ke Tiongkok secara politis akibat
dari boykot penaikkan cukai oleh Pemerintah Tiongkok. Dengan begitu, alternatif
sekaligus mencari peluang yang lebih besar bagi Korea Selatan untuk masuk ke
pasar halal. Indonesia tidak hanya negara muslim, melainkan konsumen produk
halal terbesar di dunia. Untuk itu penelitian ini berusaha melihat bagaimana upaya
gastrodiplomasi halal Korea Selatan di Indonesia melalui 3 konsep Juyan Zhang,
yaitu (i) branding themes,(ii) message, (iii) strategies dan tactics.
Collections
- International Relations [502]