Penerapan Strategi Market Pull Dan Market Push Pada Unit Government Service Di Pt Telkom Indonesia Witel Yogyakarta
Abstract
Penulisan Tugas Akhir dengan judul “Penerapan Strategi Market Pull dan
Market Push pada Unit Government Service di PT Telkom Indonesia Witel
Yogyakarta” ini, bertujuan untuk dapat mengetahui bagaimana penerapan strategi
market pull dan market push pada unit government service PT Telkom Indonesia
Witel Yogyakarta serta untuk memahami bagaimana perbedaan diantara
keduanya. Metode yang digunakan yaitu dilakukan observasi pada kegiatan kerja
di unit government service dan wawancara kepada pegawai unit government
service. Selain itu juga dilakukan studi kepustakaan pada data-data sekunder yang
didapat dari perusahaan. Penerapan strategi market pull pada unit government
service PT Telkom Indonesia Witel Yogyakarta dilakukan dengan cara
membangun relasi yang baik dengan calon pelanggan, dan kemudian memberikan
penawaran solusi sesuai kebutuhan pelanggan. Sementara untuk strategi market
push bukan merupakan strategi utama yang dijalankan, tetatpi baru akan
dijalankan dengan cara personal selling ketika muncul permintaan. Pemasaran
jasa unit government service PT Telkom Indonesia Witel Yogyakarta
menggunakan konsep produksi dan menerapkan dua strategi dalam melakukan
proses pemasaran produk dan jasanya yaitu strategi market pull dan strategi
market push. Kedua strategi tersebut memiliki perbedaan yang terletak pada
produk yang ditawarkan, proses pendekatan strategi, dan proses promosinya.
Collections
- Diploma III [786]