Usulan Rancangan Strategi Pemasaran Pada Urffeine Café Dengan Menggunakan Pendekatan Blue Ocean Strategy (Studi Kasus : Urffeine Cafe)
Abstract
Sebagai salah satu Coffee shop yang ada di Cirebon, Jawa Barat tentu saja menjadikan
Urffeine dan Coffee shop lainnya saling bersaing untuk terus menarik minat dari
konsumen. Banyak bermunculan coffee shop baru di Cirebon membuat penjualan dari
Urffeine Café menurun drastis, dikarenakan keunggulan dari coffe shop baru dari segi
sumber daya, fasilitas dan konsep yang ditawarkan. Salah satu kompetitor yang terdekat
dari Urffeine Café adalah Tiga Segi Coffe. Penelitian ini dilakukan untuk memperoleh
strategi pemasaran yang tepat untuk Urffeine dalam menghadapi permasalahan yang ada.
Fokus tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kekuatan dan kelemahan dari Urffeine
Café dan untuk mengetahui usulan rancangan strategi yang tepat bagi Urffeine Café.
Pengambilan data pada penelitian ini dilakukan melalui studi pustaka, observasi lapangan,
wawancara dengan pemilik Urffeine dan kuisioner menggunakan google form. Setelah
dilakukan pengolahan data hasil dari penelitian ini diperoleh kekuatan dari Urffeine Café
yaitu harga, Fasilitas, kualitas produk, kualitas pelayanan dan lokasi tempat usaha.
Sedangkan kelemahan dari Urffeine Café yaitu Sosial Media, Branding, promosi produk,
ciri khas produk dan desain kemasan. Untuk usulan rancangan strategi pemasaran
diperoleh segmentasi pelanggan baru dengan fokus kepada seseorang yang menyukai lagu
pop jawa dan koplo serta seseorang yang menyukai makanan khas Cirebon, dengan adanya
peningkatan atribut serta faktor baru diharapkan bisa membuka peluang pangsa pasar baru
bagi Urffeine Café dan juga bisa menjadi usulan rancangan strategi pemasaran yang tepat
bagi Urffeine Cafe.
Collections
- Industrial Engineering [2248]