Hubungan Persepsi Pengembangan Karir Terhadap Kepuasan Kerja Guru Yang Mengajar Di Sekolah Dasar Di Kabupaten Sijunjung
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan persepsi
pengembangan karir terhadap kepuasan kerja guru yang mengajar di
sekolah dasar. Hipotesis penelitian ini adalah terdapat hubungan positif
antara pengembangan karir dengan kepuasan kerja pada guru yang
mengajar di sekolah dasar. Responden penelitian ini berjumlah 80 orang
yang merupakan guru yang mengajar di sekolah dasar dengan rentan usia
22-59 tahun dan merupakan Warga Negara Indonesia. Skala
pengembangan karir yang digunakan dalam penelitian ini adalah skala
pengembangan karir yang dikembangankan oleh Aprilia (2019)
berdasarkan aspek-aspek pengembangan karir yang dikemukakan oleh
Saksono (2003). Skala Kepuasan kerja yangdigunakan dalam penelitian
ini adalah JSS (Job Satisfaction Survey) Spector, (1997). Analisis data
dalam penelitian ini menggunakan teknik korelasi Spearman's Rho yang
menunjukkan hasil bahwa terdapat hubungan positif yang signifikan
antara pengembangan karir dan kepuasan kerja pada guru yang mengajar
di sekolah dasar dengan nilai koefisien korelasi r= 0.615 dengan
signifikansi p= 0.000 (p<0.05). Hal ini menunjukkan bahwa semakin
diberikan pengembangan karir pada guru yang mengajar disekolah dasar,
semakin tinggi pula kepuasan kerja yang dimiliki, begitu pula sebaliknya.
Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan
antara pengembangan karir dan kepuasan kerja pada guru yang mengajar
di sekolah dasar sehingga hipotesis penelitian ini diterima.
Collections
- Psychology [2275]