Faktor-Faktor Yang Memengaruhi Perilaku Kecurangan Akademik Pada Sistem Pembelajaran Daring Selama Masa Pandemi Covid-19 Dengan Model Fraud Triangle
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang memengaruhi
perilaku kecurangan akademik pada sistem pembelajaran daring selama masa
pandemi covid-19 dengan model fraud triangle. Dalam penelitian ini peneliti
menggunakan variabel Tekanan, Kesempatan, dan Rasionalisasi yang akan
mempengaruhi variabel Kecurangan Akademik. Dalam penelitian ini pemilihan
sampel menggunakan metode purposive sampling dan convenience sampling,
dengan kriteria sampel yaitu para mahasiswa perguruan tinggi swasta maupun
negeri yang berada pada wilayah provinsi DIY jurusan S1 Akuntansi yang
mengalami sistem pembelajaran secara daring atau online, serta mahasiswa/i yang
sedang atau sudah menempuh mata kuliah Sistem Informasi Akuntansi, Auditing
atau Akuntansi Keperilakuan. Berdasarkan kriteria tersebut, diperoleh sampel
sebanyak 118 responden yang memenuhi kriteria di DIY. Penelitian ini
menggunakan Structural Equation Modeling (SEM) untuk menganalisis hubungan
antar variabel secara lebih Kompleks dan dilakukan dengan metode kuantitatif.
Hasil dalam penelitian ini menunjukkan bahwa tekanan, kesempatan, dan
rasionalisasi memiliki pengaruh yang signifikan positif terhadap perilaku
kecurangan akademik ketika pembelajran dilakukan secara daring.
Collections
- Akuntansi [4426]