Pengaruh Fasilitas Putaran Balik Terhadap Kinerja Simpang Tak Bersinyal (Studi Kasus : Simpang Tidak Bersinyal Terminal Condongcatur (Jalan Anggajaya))
Abstract
Simpang Tidak Bersinyal Terminal Condongcatur (Jalan Anggajaya) yang berada di kawasan
Kabupaten Sleman, Yogyakarta menjadi salah satu simpang sebidang yang memiliki kemungkinan
terjadinya konflik lalu lintas. Pada simpang tersebut terjadi peralihan fasilitas bukaan median guna
meminimalisir terjadinya kemacetan dan mengakomodasi gerakan memutar balik kendaraan. Akan
tetapi, setelah terjadi peralihan, kemacetan masih saja terjadi sehingga menimbulkan antrean.
Penelitian dilakukan untuk mengetahui kinerja simpang dan U-turn dari simpang tidak
bersinyal Terminal Condongcatur (Jalan Anggajaya), serta membuat usulan alternatif solusi untuk
perbaikan kinerja simpang tersebut. Data yang digunakan didapat melalui pengamatan langsung di
lapangan saat jam puncak, kemudian dianalisis menggunakan Bina Marga 06/BM/2005 dan MKJI
1997, sedangkan untuk pemodelan menggunakan Software PTV VISSIM.
Hasil analisis kinerja simpang pada kondisi eksisting didapatkan derajat kejenuhan sebesar
0,42, nilai tundaan sebesar 9,44 det/smp, maka tingkat pelayanan pada persimpangan berada di level
“B”, dan peluang antrean memiliki rentang 8-20%, serta panjang antrean pada lengan Barat sebesar
1,55 m dan lengan Utara sebesar 185,61 m. Kemudian, hasil analisis U-turn data lapangan
menunjukkan selisih perbandingan dengan Bina Marga 06/BM/2005 selisih panjang antrean sebesar
97% dan nilai tundaan sebesar 31%. Lalu, data lapangan dengan VISSIM selisih perbandingan
panjang antrean sebesar 88% dan nilai tundaan sebesar 56%. Berdasarkan hasil analisis kondisi
eksisting, maka dilakukan simulasi perencanaan solusi dengan menghilangkan atau melarang
kendaraan putar balik. Hasil menunjukkan terjadi peningkatan kapasitas sebesar 3,42%, dan
penurunan terjadi pada derajat kejenuhan sebesar 10,40%, nilai tundaan sebesar 3,79%, peluang
antrean sebesar 12-16%, dan panjang antrean pada lengan Barat sebesar 99% dan lengan Utara
sebesar 100%.
Collections
- Civil Engineering [4223]