Show simple item record

dc.contributor.authorKARIMA MASYHA FADILLA
dc.date.accessioned2023-03-08T03:11:27Z
dc.date.available2023-03-08T03:11:27Z
dc.date.issued2023-01-19
dc.identifier.urihttps://dspace.uii.ac.id/handle/123456789/42646
dc.description.abstractSimpang Tidak Bersinyal Terminal Condongcatur (Jalan Anggajaya) yang berada di kawasan Kabupaten Sleman, Yogyakarta menjadi salah satu simpang sebidang yang memiliki kemungkinan terjadinya konflik lalu lintas. Pada simpang tersebut terjadi peralihan fasilitas bukaan median guna meminimalisir terjadinya kemacetan dan mengakomodasi gerakan memutar balik kendaraan. Akan tetapi, setelah terjadi peralihan, kemacetan masih saja terjadi sehingga menimbulkan antrean. Penelitian dilakukan untuk mengetahui kinerja simpang dan U-turn dari simpang tidak bersinyal Terminal Condongcatur (Jalan Anggajaya), serta membuat usulan alternatif solusi untuk perbaikan kinerja simpang tersebut. Data yang digunakan didapat melalui pengamatan langsung di lapangan saat jam puncak, kemudian dianalisis menggunakan Bina Marga 06/BM/2005 dan MKJI 1997, sedangkan untuk pemodelan menggunakan Software PTV VISSIM. Hasil analisis kinerja simpang pada kondisi eksisting didapatkan derajat kejenuhan sebesar 0,42, nilai tundaan sebesar 9,44 det/smp, maka tingkat pelayanan pada persimpangan berada di level “B”, dan peluang antrean memiliki rentang 8-20%, serta panjang antrean pada lengan Barat sebesar 1,55 m dan lengan Utara sebesar 185,61 m. Kemudian, hasil analisis U-turn data lapangan menunjukkan selisih perbandingan dengan Bina Marga 06/BM/2005 selisih panjang antrean sebesar 97% dan nilai tundaan sebesar 31%. Lalu, data lapangan dengan VISSIM selisih perbandingan panjang antrean sebesar 88% dan nilai tundaan sebesar 56%. Berdasarkan hasil analisis kondisi eksisting, maka dilakukan simulasi perencanaan solusi dengan menghilangkan atau melarang kendaraan putar balik. Hasil menunjukkan terjadi peningkatan kapasitas sebesar 3,42%, dan penurunan terjadi pada derajat kejenuhan sebesar 10,40%, nilai tundaan sebesar 3,79%, peluang antrean sebesar 12-16%, dan panjang antrean pada lengan Barat sebesar 99% dan lengan Utara sebesar 100%.en_US
dc.publisherUNIVERSITAS ISLAM INDONESIAen_US
dc.titlePengaruh Fasilitas Putaran Balik Terhadap Kinerja Simpang Tak Bersinyal (Studi Kasus : Simpang Tidak Bersinyal Terminal Condongcatur (Jalan Anggajaya))en_US
dc.Identifier.NIM16511015


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record