Determinan Faktor Yang Memengaruhi Kepatuhan Pelaku E-Commerce Terhadap Ketentuan Perpajakan
Abstract
Kegiatan bisnis E-Commerce mendatangkan keuntungan yang tidak terlepas dari
pengenaan pajak penghasilan penjual. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui
faktor-faktor yang memengaruhi Kepatuhan Wajib Pajak pelaku E-Commerce.
Objek dalam penelitian ini adalah Wajib Pajak E-Commerce pada platform online
marketplace. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan
analisis deskriptif dan analisis structural equation modeling (SEM) menggunakan
software smartPLS. Hasil penelitan ini menunjukkan bahwa variabel Sosialisasi
Perpajakan, Pemahaman Perpajakan, Kesadaran Wajib Pajak, Kualitas Pelayanan,
Kesiapan Teknologi Informasi dan Pemanfaatan Teknologi Informasi mempunyai
pengaruh positif dan signifikan terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi
Pelaku E-Commerce. Penelitian ini diharapkan dapat bermanfaat bagi pelaku ECommerce
untuk memenuhi kepatuhan dalam perpajakan sehingga penerimaan
negara juga meningkat.
Collections
- Master of Accountancy [222]