Analisis Kualitas Layanan E-Government Proses Pembuatan Kartu Pencari Kerja (Ak-1) Dengan Menggunakan Metode E-Govqual Dan Importance Performance Analysis (Ipa) (Studi Kasus Pada Dinas Tenaga Kerja Kota Balikpapan)
Abstract
Pelayanan kartu pencari kerja (AK-1) merupakan salah satu pelayanan penempatan
tenaga kerja yang dilakukan oleh dinas tenaga kerja. Namun memasuki tahun 2020,
dunia dilanda pandemi, dimana virus corona menyebar dengan cepat yang membuat
pemerintah membuat berbagai kebijakan untuk menghambat laju penyebaran virus
tetapi tetap memberikan pelayanan yang terbaik terhadap masyarakat. Hal ini
menyebabkan Dinas Tenaga Kerja beralih mengimplementasikan e-government
yaitu menggunakan sistem online dalam pelayanan pembuatan kartu pencari kerja
(AK-1). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas layanan e-government
dengan menggunakan metode Electronic Government Quality (e-GovQual) dan
mengetahui atribut apa saja yang perlu ditingkatkan dengan menggunakan metode
Importance Performance Analysis (IPA) serta memberikan usulan perbaikan pada
proses pembuatan kartu pencari kerja di Dinas Tenaga Kerja Kota Balikpapan. Hasil
dari penelitian ini menunjukkan nilai gap rata-rata dan keseluruhan menunjukkan
nilai negatif yaitu -0,41, dan nilai rata-rata kualitas layanan yang dibawah 1 yaitu
0,90 sehingga dapat dikatakan bahwa tingkat kualitas layanan e-government proses
pembuatan kartu pencari kerja di Dinas Tenaga Kerja Kota Balikpapan yang
dirasakan pengguna belum baik. Prioritas utama (kuadran A) dalam melakukan
perbaikan dan peningkatan kualitas layanan yaitu Atribut R1, R2, R3, CS1, CS2 dan
CS7. Usulan perbaikan yang diberikan berdasarkan atribut yang memiliki tingkat
kepentingan tinggi namun kinerjanya masih rendah yaitu peningkatan server hosting
agar website tidak terjadi error, menambahkan halaman Frequently Asked Questions
(FAQ) dan menggunakan chatbot pada layanan Halo Penta.
Collections
- Industrial Engineering [2235]