Show simple item record

dc.contributor.authorMUTIARA ANNISA FITRIYANTI
dc.date.accessioned2023-03-02T08:28:49Z
dc.date.available2023-03-02T08:28:49Z
dc.date.issued2022-12-14
dc.identifier.urihttps://dspace.uii.ac.id/handle/123456789/42539
dc.description.abstractPelayanan kartu pencari kerja (AK-1) merupakan salah satu pelayanan penempatan tenaga kerja yang dilakukan oleh dinas tenaga kerja. Namun memasuki tahun 2020, dunia dilanda pandemi, dimana virus corona menyebar dengan cepat yang membuat pemerintah membuat berbagai kebijakan untuk menghambat laju penyebaran virus tetapi tetap memberikan pelayanan yang terbaik terhadap masyarakat. Hal ini menyebabkan Dinas Tenaga Kerja beralih mengimplementasikan e-government yaitu menggunakan sistem online dalam pelayanan pembuatan kartu pencari kerja (AK-1). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas layanan e-government dengan menggunakan metode Electronic Government Quality (e-GovQual) dan mengetahui atribut apa saja yang perlu ditingkatkan dengan menggunakan metode Importance Performance Analysis (IPA) serta memberikan usulan perbaikan pada proses pembuatan kartu pencari kerja di Dinas Tenaga Kerja Kota Balikpapan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan nilai gap rata-rata dan keseluruhan menunjukkan nilai negatif yaitu -0,41, dan nilai rata-rata kualitas layanan yang dibawah 1 yaitu 0,90 sehingga dapat dikatakan bahwa tingkat kualitas layanan e-government proses pembuatan kartu pencari kerja di Dinas Tenaga Kerja Kota Balikpapan yang dirasakan pengguna belum baik. Prioritas utama (kuadran A) dalam melakukan perbaikan dan peningkatan kualitas layanan yaitu Atribut R1, R2, R3, CS1, CS2 dan CS7. Usulan perbaikan yang diberikan berdasarkan atribut yang memiliki tingkat kepentingan tinggi namun kinerjanya masih rendah yaitu peningkatan server hosting agar website tidak terjadi error, menambahkan halaman Frequently Asked Questions (FAQ) dan menggunakan chatbot pada layanan Halo Penta.en_US
dc.publisherUNIVERSITAS ISLAM INDONESIAen_US
dc.titleAnalisis Kualitas Layanan E-Government Proses Pembuatan Kartu Pencari Kerja (Ak-1) Dengan Menggunakan Metode E-Govqual Dan Importance Performance Analysis (Ipa) (Studi Kasus Pada Dinas Tenaga Kerja Kota Balikpapan)en_US
dc.Identifier.NIM16522165


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record